Penundaan Kontes SEO ?

penundaan-kontes-seo
Penundaan kontes SEO sepertinya sudah menjadi strategi bagi penyelenggara kontes. Dengan dalih kontestan belum memenuhi quota, banyak peserta yang belum memenuhi syarat, minimal peserta 100 lebih menjadi alasan diperpanjangnya event blogging-kontes SEO.

Sebenarnya apabila dalam peraturan awalnya hal itu di cantumkan tidak mengapa, sehingga para kontestan tidak merasa terkejut dan bertanya-tanya. Tetapi penyelenggara adalah pemilik hak otoritas apabila terjadi perubahan di kemudian waktu. Penundaan kontes seo terjadi bukan hanya pada situs yang belum populer bahkan situs populer atau dengan penyelenggara yang besar seperti toyota melakukan penundaan pengumuman pemenang. Seperti pada kontes SEO Camry mobil hybrid terbaik Indonesia ditunda yang seharusnya dilakukan pengumuman pada tanggal 22 September menjadi 26 September. 

Kenapa Kontes SEO di Perpanjang ?

Banyak alasan penyelenggara kontes SEO melakukan perpanjangan atau penundaan dari jadwal yang telah ditentukan. Berikut ini mungkin menjadi alasan penundaan dan perpanjangan kontes SEO :
  • Jumlah Peserta yang belum memenuhi target, Jumlah peserta sebenarnya merupakan target penyelenggara kontes SEO. Semakin banyak peserta maka akan semakin banyak backlink ke situs mereka dan indikasinya akan semakin populer pula situs mereka di pencarian google.
  • Banyaknya peserta yang di Banned google, Alasan ini tidak jauh berbeda dengan alasan semula dengan banyaknya blog peserta yang di banned maka jumlah peserta dengan sendirinya akan berkurang tidak sesuai dengan jumlah target yang telah ditentukan. Pengalaman ini pernah saya alami pada saat kontes SEO batik pada akhir tahun 2013 kemaren.
  • Peserta yang belum memenuhi syarat, Alasan ini dilakukan karena peserta yang telah mendaftar tetapi belum memenuhi semua syarat yang telah ditentukan misalnya harus ada backlink dengan kata kunci sehingga penundaan dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada peserta melengkapi artikelnya. 
  • Banyaknya artikel yang copy paste, Copy paste artikel dalam kontes seo tidak dibolehkan walaupun mereka berlepas tangan terhadap artikel yang dilakukan oleh blogger lain. Walaupun ada juga beberapa kontes SEO yang memberikan kesempatan dengan mengirim email pengaduan terhadap artikel yang copy paste.
  • Pemindahan akun penyelenggara, Hal ini seperti kontes seo yang terjadi Sehingga terindikasi melakukan penipuan. Waktu kontes SEO pun seolah-olah dimulai dari awal dengan rentang waktu 3 bulan. Bahkan khusus untuk kontes hampir satu tahun. Situs ini terindikasi SCAM alias hanya memanfaatkan blogger untuk mempopulerkan situs mereka denga cara kontes SEO yang di tunda-tunda atau di perpanjang pelaksanaannya. 

Kontes SEO yang melakukan Penundaan atau Perpanjangan

Kontes apa saja yang sedang melakukan penundaan pada akhir tahun 2014 ini ? Setidaknya ada lebih 5 situs yang melakukan penundaan kontes seo dengan alasan diatas diataranya, danmogot.com toko online murah terbaik di Indonesia melakukan penundaan dengan menunggu peserta minimal 100 blogger.

Kontes seo lain yang melakukan penundaan berbulan-bulan dan tidak melakukan update pada situs kontes mereka adalah situs paket wisata dan tour murah indonesia hanya di piknikers.com. Dengan alasan yang serupa dengan danmogot.com, jika jumlah peserta belum mencapai 100 maka akan dilakukan perpanjangan satu bulan berikutnya. Begitu terus terjadi selama jumlah peserta belum bertambah.

Kontes SEO Sewa Mobil Dimasrentcar juga memberikan ketentuan yang sama jika belum mencapai jumlah peserta 110 blogger maka kontes akan di perpanjang terus sampai jumlah peserta terdaftar telah 110 blogger. Padahal update peserta tidak dilakukan dengan rutin terbukti sampai sekarang peserta hanya 29 orang dimulai bulan juni sampai sekarang dan ketika blog ini didaftar sampai sekarang belum masuk menjadi daftar peserta.


Mengikut juga kontes Seoagency.co.id Konsultan Jasa SEO, Jasa Web dan Digital Internet Marketing Indonesia melakukan penundaan untuk satu bulan kedepan dengan alasan peserta minimal 50 blogger yang telah terdaftar secara sah. Khayalan pun hilang seketika saat penangguhan kontes seo dilakukan ketika posisi artikel di pencarian google.co.id dengan keyword yang dilombakan berada di puncak papan atas google.

Efek Penundaan dan Perpanjangan Kontes SEO

Banyak efek dari penundaan atau perpanjangan kontes SEO. Sebagai seorang blogger jika artikelnya sudah berada di page 1 google ketika masa penjurian yang di targetkan tetapi ketika penyelenggara menginfprmasikan perpanjangan waktu maka kerugian melanda blogger tersebut. Karena belum tentu satu bulan kedepan posisi artikelnya akan bisa bertahan mengingat banyaknya peserta kontes lain yang tetap semangat melakukan optimasi terhadap artikelnya.

Sedangkan bagi blogger yang artikelnya masih berada di halaman 2 ataupun 3 masih memiliki peluang untuk menghadirkan artikelnya di hapalam satu google.co.id. Efek penundaan kontes SEO memberikan keuntungan dan di lain sisi memberikan kerugian bagi kontestan lainnya.

Sedangkan bagi penyelenggara, dengan penundaan kontes SEO ini selalu berada pada posisi yang diuntungkan. Karena secara otomatis backlink kan bertambah hari demi hari dan backlink tetap terjaga di sepanjang kontes seo masih berlangsung. Jika akibat penundaan kontes SEO sampai berlangsung 6 sampai 7 bulan maka selama itu pula situs tersebut dalam keadaan aman dengan support dari artikel peserta kontes.

Kerugian bagi penyelanggara paling-paling dianggap situs SPAM atau Kontes SCAM yang mencari popularitas dengan memanfaatkan jasa peserta kontes SEO dengan gratis. Walau dianggap ringan oleh penyelenggara tetapi dampaknya akan bisa bertahan lama. Sebab akan bermunculan artikel yang kontradiktif terhadap kata kunci yang di konteskan. Perubahan kata kunci terpercaya menjadi PENIPU, Misalnya kontes SEO SCAM pada SEOWAPS.COM Jasa SEO Penipu pada pertengahan tahun 2013 yang lalu.

Jika ditilik dari ke validan dan kredibilitas  sebuah situs, jika melakukan berkali-kali penundaan berati perlu dipertanyakan kredibilitas situs tersebut. Jangan-jangan situs tersebut merupakan situs abal-abal yang ingin populer dengan modal dengkul yaitu dengan dalih menyelenggarakan kontes SEO.


Akhirnya, Penundaan dan perpanjangan kontes SEO jangan di jadikan ajang popularitas untuk meningkatkan traffik pengunjung ke situs mereka. Apalagi perpanjangan mencapai setegah tahun bahkan mencapai satu tahun. Pikirkan juga jerih payah blogger yang selalu melakukan optimasi untuk mempertahankan posisi artikel mereka yang dilakukan berhari-hari bahkan berbulan-bulan tetapi berakhir dengan penundaan dan perpanjangan waktu kembali. 

Komentar